Acidophilus - Natrol

Rp. 225.000,00



A A A

Pembesaran Prostat

Pembesaran Prostat


Photobucket

Pembesaran prostat adalah kondisi dimana salah satu organ reproduksi pria ini membengkak sehingga menghambat aliran air seni. Prostat adalah kelenjar yang terletak mengelilingi leher kantung kemih dan saluran kemih. Fungsi utamanya adalah menghasilkan cairan berwarna putih susu sebagai makanan sperma dan mengangkut sperma keluar dari penis pada saat pria mengalami ejakulasi.

Pembesaran prostat bisa terjadi pada pria berusia di atas 50 tahun karena merupakan bagian alamiah dari proses penuaan. Kondisi ini tidak ada hubungannya dengan kanker prostat karena pembesaran sel-sel kelenjar prostat ini tidak bersifat ganas.

 

*Daftar suplemen untuk prostat dapat di tabel di bawah artikel ini

Sewaktu lahir ukuran kelenjar prostat bayi laki-laki kira-kira sebesar kacang. Ukuran tersebut akan berkembang sedikit pada masa kanak-kanak dan ketika masa puber akan mengalami pertumbuhan yang cepat. Ukuran prostat akan mencapai perkembangan yang sepenuhnya menjadi sebesar kenari pada saat pria berusia 25 tahun. Sebagian pria mengalami periode pertumbuhan prostat yang kedua pada pertengahan hingga akhir usia 40-an.

Pemicu pembesaran prostat pada pria berusia 50 tahun atau lebih belum diketahui dengan pasti, namun diduga berkaitan dengan DHT (5-dihydrotestosterone) yang berasal dari testosterone. Testosterone adalah hormone seks pria yang diproduksi secara terus-menerus dan mencapai puncaknya ketika pria berusia 50 tahunan. Setelah itu produksinya akan berkurang hingga mencapai titik terendah. Pada saat yang bersamaan perubahan testosterone menjadi DHT justru meningkat. Kondisi ini yang memicu terjadinya pembesaran prostat, sehingga diibaratkan sebagai “menopause”nya pria.


*Daftar suplemen untuk prostat dapat di tabel di bawah artikel ini

Tanda dan Gejala
Jika ukuran prostat membesar, hal tersebut dapat menekan saluran kemih sehingga menghambat aliran air seni. Maka sebagian besar gejala yang akan dirasakan penderitanya juga berkisar di urusan buang air kecil.

  • Sering tiba-tiba merasa ada desakan untuk buang air kecil
  • Sulit mulai mengeluarkan air seni meskipun sudah “kebelet” sehingga sering harus meluangkan waktu lebih lama di toilet
  • Sering buang air kecil di malam hari
  • Sekali ke toilet bisa beberapa kali buang air kecil karena aliran air seni bisa tiba-iba berhenti dan kemudian keluar lagi
  • Aliran air seni yang keluar lemah, tidak memancar
  • Setelah merasa selesai buang air kecil, masih ada yang menetes. Hal ini sering menimbulkan rasa malu karena penderita merasa seolah mengompol
  • Buang air kecil tidak terasa tuntas; setelah selesai berkemih penderita merasa kantung kemihnya masih berisi, tidak kosong.

 

*Daftar suplemen untuk prostat dapat di tabel di bawah artikel ini


Perawatan Diri Sendiri


Perubahan gaya hidup berikut dapat membantu meringkankan gejala pembesaran prostat:

  • Hindari minum kopi atau teh terutama pada sore/malam hari, karena kafein dapat mengiritasi kantung kemih sehingga menambah kerepotan ke toilet di malam hari
  • Tetaplah aktif: urine akan tertahan jika Anda bergerak, sehingga mengurangi desakan buang air kecil terus menerus.
  • Tetaplah hangat dengan pakaian yang memadai. Suhu dingin dapat meningkatkan keinginan buang air kecil.
  • Sebisa mungkin jangan minum setelah jam 7 malam, untuk mengurangi kebutuhan ke toilet pada malam hari. Sebagai gantinya, minum lebih banyak air putih di pagi dan siang hari.
  • Setiap kali buang air kecil, usahakan untuk mengosongkan kantung kemih hingga tuntas. Bersabarlah untuk tinggal sedikit lebih lama di toilet.
  • Hindari menunggu kantung kemih sampai terisi penuh. Biasakan untuk lebih sering ke toilet, misal: setiap jam sekali, tidak perlu menunggu sampai kantung kemih penuh agar urine dapat lebih mudah dikeluarkan.
  • Konsumsi suplemen yang mengandung saw palmetto untuk membantu meringankan gejala. Seperti: Men’s Prostate, Prost Acin, Saw Palmetto, dll.

 

*Daftar suplemen untuk prostat dapat di tabel di bawah artikel ini


Obat-obatan


Bagi mereka yang tidak merasa terbantu dengan produk suplemen, obat-obatan berikut telah terbukti dapat meringankan gejala pembesaran prostat:

  • Obat yang membantu memudahkan buang air kecil, diminum sehari sekali pada malam hari. Kelebihan: efek mulai terasa dalam waktu satu minggu
  • Obat yang bekerja mengurangi kadar DHT, diminum sehari sekali. Kelebihan: dapat memperkecil ukuran prostat.

Untuk memberikan efek yang lebih cepat kedua obat golongan diatas dapat diminum secara bersama-sama.


Sumber: Program Edukasi Pelanggan Century Health Care

 

Daftar Suplemen untuk Prostat
Silakan klik produk supplement yang dikehendaki untuk mendapatkan keterangan detail mengenai produk tersebut.


Photobucket Photobucket Photobucket

Retail : Rp.256.000
KAMI : Rp 230.000

Retail : Rp. 290.000
KAMI : Rp 247.000

Retail : Rp. 315.000
KAMI : Rp. 268.000