A A A

Penyakit Infeksi dan Antibiotik

Penyakit Infeksi dan Antibiotik

 

Infeksi adalah penyakit akibat serangan kuman yang berhasil melewati system pertahanan tubuh kita. Kuman dapat berupa bakteri, virus, jamur, atau parasit. Sistem pertahanan adalah sejumlah organ yang dimiliki tubuh kita, misal: sel darah putih, limpa, kelenjar getah bening, sumsum tulang yang berfungsi melindungi tubuh dari serangan kuman. Setiap saat bagian tertentu tubuh kita, misal: kulit, mulut, hidung, mata, saluran kemih, dan anus senantiasa kontak dengan kuman. Namun pada sebagian besar waktu, sistem pertahanan tubuh berhasil mengatasi serangan kuman, seingga kita tetap sehat. Hanya sekali saja system pertahanan tubuh kita tidak berhasil mengatasi serbuan kuman, sehingga kita jatuh sakit.
Photobucket


Sakit karena infeksi bakteri selalu ditandai dengan demam, yaitu meningkatnya suhu tubuh, yang sering diikuti dengan hilang atau berkurangnya nafsu makan. Demam adalah cara tubuh kita untuk terus melawan bakteri, karena bakteri akan mati pada suhu tertentu diatas suhu normal tubuh. Jika demam tidak tertahankan lagi karena sudah menggangu aktivitas kerja dan menghilangkan nafsu makan, maka sistem pertahanan tubuh memerlukan bantuan obat untuk lebih cepat membasmi bakteri. Obat untuk membasmi bakteri penyebab infeksi dikenal sebagai antibiotik.

 

*Daftar suplemen antibiotik herbal dapat dilihat di tabel di bawah artikel ini


PENYAKIT INFEKSI

Bakteri penyebab infeksi dapat menyerang hampir seluruh bagian tubuh kita. Mereka bisa masuk ke dalam tubuh melalui semua lubang yang dimiliki tubuh kita: mulut, hidung, kulit yang tergores/terluka, mata, saluran kemih dan anus. Kita mungkin tidak asing dengan beberapa penyakit infeksi berikut:

  • Tuberkulosis, bronchitis: infeksi di paru-paru
  • Tifus, paratifus: infeksi di saluran pencernaan
  • Keputihan : infeksi di alat genital wanita
  • Syphilis dan gonorrhea: infeksi di alat genital pria
  • Faringitis: infeksi di tenggorokan
  • Bintitan: infeksi di kelopak mata


Berdasarkan tingkat keparahannya penyakit infeksi dapat dikategorikan:

  • Ringan: baru muncul gejala, mungkin akan sembuh sendiri dengan beristirahat, dan tidak ada komplikasi yang membahayakan. Contoh: Radang tenggorokan, infeksi saluran kemih, infeksi telinga bagian luar.
  • Sedang: gejala sudah berlangsung beberapa hari, tidak akan sembuh hanya dengan beristirahat, dan dapat menimbulkan komplikasi yang merugikan jika tidak ditangani dengan benar. Contoh: radang pita suara, sinusitis, paratifus, infeksi telinga bagian dalam
  • Parah: gejala sudah muncul berhari-hari/berminggu-minggu, ada demam tinggi, tidak akan sembuh jika tidak diobati dengan antibiotik, dan dapat menimbulkan komplikasi yang membahayakan. Contoh: radang paru-paru (pneumonia), bronchitis, tifus, syphilis, radang selaput otak (meningitis), tuberculosis

 

*Daftar suplemen antibiotik herbal dapat dilihat di tabel di bawah artikel ini

 

Photobucket

 

BAKTERI DAN ANTIBIOTIK

Bakteri adalah makhluk bersel tunggal yang sederhana, berukuran kira-kira 1/100 ukuran sel manusia, dapat makan dan berkembang biak sendiri. Dengan kondisi yang tepat, bakteri dapat berkembang biak menjadi dua hanya dalam waktu 30 menit. Manusia adalah makhluk dengan 100 trilyun sel.

Karena bakteri berkembang biak dengan sangat cepat, maka pengobatan dengan antibiotik harus dilakukan dalam dosis yang tepat dan lama pengobatan yang sesuai dengan jenis infeksi yang diderita. Jika tidak maka bakteri bisa menjadi kebal terhadap antibiotik, dikenal dengan istilah resistensi bakteri.

 

*Daftar suplemen antibiotik herbal dapat dilihat di tabel di bawah artikel ini


GOLONGAN ANTIBIOTIK

Ada banyak jenis antibiotik yang digunakan dalam pengobatan, sehingga diperlukan penggolongan. Yang paling sering adalah penggolongan berdasarkan struktur kimia. Tujuan penggolongan:

  • Memudahkan pemilihan antibiotik yang tepat untuk infeksi tertentu
  • Memudahkan pemilihan antibiotik yang tepat untuk pasien bayi, anak-anak atau remaja
  • Memudahkan pemilihan antibiotik yang tepat untuk wanita hamil dan ibu menyusui
  • Memudahkan penggantian jika terapi tidak efektif, misal: penyakit tidak sembuh-sembuh
  • Memudahkan penggantian jika obat menimbulkan reaksi alergi, mual atau diare


Jika anda pernah mengalami reaksi alergi atau mual terhadap suatu obat antibiotik, konsultasikan masalah anda dengan dokter, agar terhidar dari masalah yang sama di kemudian hari.

 

Daftar Suplemen Antibiotik Herbal
Silakan klik produk supplement yang dikehendaki untuk mendapatkan keterangan detail mengenai produk tersebut.

Photobucket Photobucket Photobucket

Retail : Rp.230.000
KAMI : Rp 196.000

Retail : Rp. 270.000
KAMI : Rp 230.000

Retail : Rp. 210.000
KAMI : Rp. 179.000